Kamis, 22 Oktober 2020

Firdaus: Kampung Bandar Rohnya Kota Pekanbaru


Pekanbaru, TOPRIAU - Wali Kota Pekanbaru, H Firdaus ST MT menghadiri Sosialisasi Penataan Lingkungan Berbasis Komunitas (PLBK) lanjutan tahun 2015, yang langsungkan di bawah Jembatan Siak III, Kelurahan Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan. Kegiatan ini merupakan program P2KP dari Pemerintah Pusat.

Wali Kota (Wako) Pekanbaru, Firadaus menyampaikan, Kelurahan Kampung Bandar merupakan cikal bakal Kota Pekanbaru, akan tetapi hingga saat ini tatanan bangunannya masih belum terperhatikan. Untuk itu ia berterimakasih kepada Pemerintah Pusat atas turunnya PBLK di bantaran tepi Sungai Siak.

"Kampung Bandar nantinya akan menjadi roh Kota Pekanbaru. Dengan penataan bertahap diharapkan dapat menjadi kebanggaan kita selaku warga Kota Pekanbaru. Secara bertahap pembangunan kota tepi Sungai Siak atau Water Front City tentu kita mengharapkan sinergi dari semua pihak, baik dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Riau, serta masyarakat," katanya.

Lanjutnya, meskipun dalam proses pembangunananya tidak secepat yang diharapkan, namun pembangunan ini tidak berhenti. Misalnya pembangunan turap beton di sini tetap berjalan, sebab tahun ini dana APBD Provinsi Riau tertunda, namun dana APBN tetap.

"Nah, di daerah Kampung Bandar ini melanjutkan penataan kawasan jembatan, yang juga sebenarya berkaitan dengan refitalisasi Masjid Raya Kota Pekanbaru. Rencananya dimulai dari Jalan Senapelan sampai ke Sungai Siak itu sendiri. Kami berpesan agar penataan lingkungan di sini dapat diselesaikan dengan baik," pesannya.

Sementara itu, H Rusmali Amal SE, selaku koordinator P2KP mengatakan, louncing kegiatatan tersebut melanjutkan program yang telah dicanangkan. Dimana di bawah Jembatan Siak III ini akan dibangun Taman Datuk Bandar, dan pembangunan Tugu Hangtuah.

"Insya Allah kita optimis menyelesaikan program PLBK ini, karena anggaran yang nantinya masuk sebesar Rp1 miliar. Mudah-mudahan tidak ada kendala apapun," singkatnya.TR